Bulan Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah - Berita Sumbar

Breaking

Thursday 1 September 2016

Bulan Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah


Bulan Dzulhijjah kembali menyapa kita di tahun 2016. Salah satu bulan paling bersejarah bagi umat muslim diseluruh dunia. Dibulan Haji ini kita dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sedangkan Puasa Arafah ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, tepat pada waktu jamaah haji sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, tepatnya sehari sebelum hari raya Idul Adha.

Puasa sebelum Idul Adha biasa disebut dengan Puasa Arafah. Hukum melaksanakan ibadah Puasa Arafah adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan bagi seluruh kaum muslimin.



Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah -Bulan Dzulhijjah kembali menyapa kita di tahun 2016. Salah satu bulan palingbersejarah bagi umat muslim diseluruh dunia. Di bulan haji ini kita dianjurkanuntuk menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sedangkan Puasa Arafah dapat dijalankan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada tahun 2016, tanggal 8 Dzulhijjah bertepatan pada hari Sabtu tanggal 10 September 2016, sedangkan 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Minggu tanggal 11 September 2016.
Lafadz Niat Puasa Tarwiyah
نويت صوم ترويه سنة لله تعالى 

Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala
Terjemahan: "Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala"

Lafadz Niat Puasa Arafah
نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala
Terjemahan: "Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala"

No comments:

Subscribe Us